tips merawat bayi, panduan perawatan serta tips kesehatan dan nutrisi bayi balita indonesia

Wednesday 25 January 2017

Penyakit yang Rentan dialami oleh Bayi Baru Lahir

Jika dibandingkan dengan orang dewasa, anak-anak khususnya balita (termasuk bayi yang baru lahir) sangat rentan terhadap penyakit. Kondisi kulit yang sangat sensitif dan organ dalam tubuh bayi yang masih dalam tahap perkembangan membuat mereka beresiko lebih mudah terserang penyakit. Anda sebagai orang tua harus waspada dan merawat buah hati dengan baik.

Bayi Baru Lahir, apa saja Penyakit yang sering dialami?

Berikut ini  penyakit yang rentan dialami oleh newborn: 


Eksim Susu

Banyak opini yang menyatakan bahwa eksim susu ini muncul karena percikan ASI yang mengenai kulit bayi . Namun faktanya, penyakit yang satu ini bisa muncul karena adanya faktor keturunan dari orang tua yang menderita alergi, kulit bayi yang kering dan kondisi cuaca yang panas, kotor dan berdebu. Ketiga penyebab di atas dapat membuat kulit bayi menjadi kasar dan kemerahan hingga akhirnya menimbulkan rasa gatal.

Batuk Pilek

Bayi yang baru lahir juga rentan terhadap batuk dan pilek lho. Gejala yang muncul adalah batuk dan atau keluarnya cairan bening dari hidung bayi. Bahkan kondisi ini seringkali disertai dengan demam. Biasanya batu pilek menyerang selama 2 sampai 3 hari. Jika kondisi ini berlangsung lebih lama maka sebaiknya Anda berkonsultasi pada dokter.

Penyakit Apnea

Apnea adalah kondisi di mana seseorang secara tiba-tiba berhenti bernapas dalam beberapa detik. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, mulai dari bayi yang baru lahir hingga orang dewasa. Bayi yang lahir secara premature juga sangat rentan terhadap penyakit ini. Jangan menyepelekan kondisi ini karena meski berhentinya napas hanya beberapa detik namun bisa membuat bayi kekurangan oksigen. Apnea bisa terjadi karena saluran pernapasan yang tersumbat atau memang proses pertumbuhan syaraf pada sistem pernapasan bayi belum sempurna.

Ruam Popok

Ruam popok biasanya muncul di area bokong bayi. Penyebabnya tidak lain adalah bayi terlalu lama memakai popok yang lembab. Kulit bayi yang masih sensitif bergesekan dengan popok bayi sehingga menyebabkan iritasi. Selain itu ruam popok juga bisa muncul karena bayi alergi terhadap bahan popok, pencucian popok yang tidak sempurna di mana masih ada sisa detergen yang tertinggal, dan juga kondisi lembab yang muncul karena air seni atau tinja yang menempel pada popok.

Penyakit Kuning

Jenis penyakit ini harus benar-benar Anda waspadai. Jika bagian mata dan kulit buah hati Anda terlihat berwarna kuning dan dia kurang atau malas minum ASI, maka kemungkinan besar buah hati Anda menderita penyakit kuning. Bayi yang baru lahir hingga berusia 1 bulan sangat rentan terhadap penyakit ini. Penyebabnya bisa karena kurang asupan ASI atau ada gangguan fungsi hati pada buah hati Anda.

Biasanya, penyakit kuning ini akan menghilang setelah 2 minggu. Namun mengingat usia buah hati Anda, akan lebih baik untuk membawa ke dokter agar memperoleh perawatan yang tepat. Sebagai tindakan pencegahan atau pertolongan pertama, Anda bisa lebih sering memberikan ASI kepada buah hati Anda dan juga menjemurnya di bawah sinar matahari secara rutin sekitar 15 menit setiap harinya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Penyakit yang Rentan dialami oleh Bayi Baru Lahir

0 comments:

Post a Comment