tips merawat bayi, panduan perawatan serta tips kesehatan dan nutrisi bayi balita indonesia

Sunday 12 April 2015

Tanda Bayi Anda Terlahir Normal Dan Sehat

bayi baru lahir normal
Kehadiran bayi yang mungil di tengah-tengah keluarga pasti akan berbahagia. Apalagi bagi Anda yang baru pertama kali memiliki anak rasa bahagia pasti tak akan terbendung. Salah satu yang diharapkan oleh orang tua pada bayinya adalah bayi baru lahir normal dan sehat baik secara fisik dan mental.

Saat bayi baru lahir tidak akan terlihat seperti bayi yang ada di iklan-iklan TV yang menggemaskan dan lucu. Butuh waktu beberapa minggu agar bayi terlihat lucu dan menggemaskan. 

Ada beberapa tanda kelahiran bayi normal yang harus Anda ketahui. Bagi Anda yang baru pertama melahirkan anak tentu masih bingung tanda-tanda bayi yang normal. Berikut akan dijelaskan tanda bayi yang normal dan sehat.

Menangis

Saat bayi baru lahir pasti akan menangis, hal tersebut wajar apabila tidak menangis biasanya dokter memukul pantat sang bayi. Saat bayi lahir perasaan bayi sudah mulai bekerja.

Jari tangan dan kaki lengkap

Setelah bayi lahir lihat jari tangan dan kakinya. Sesuai tradisi zaman dahulu jika jari tangan dan kaki lengkap menunjukkan bahwa si bayi terlahir dengan normal dan sehat.

Gerakan bola mata

Pada umumnya bayi terlahir dengan mata masih tertutup tapi setelah beberapa minggu mata bayi pasti akan terbuka. Setelah mata terbuka coba Anda stimulasi dengan jari jika mengikuti arah jari Anda maka gerakan matanya normal.

Berat badan turun

Berat badan bayi biasanya akan turun setelah dilahirkan. Asalkan penurunan berat badannya tidak sampai 10 persen.

Bayi kuat menyusu

Saat bayi kuat menyusu adalah hal yang wajar menunjukkan bahwa bayi lapar. Biasanya bayi kuat menyusu pada saat akan tidur dan lapar.

Wajah dan kepala panjang

Bayi yang terlahir normal pada bagian wajah dan kepala tampak memanjang. Hal tersebut dikarenakan perjuangan seorang ibu ketika mengeluarkan bayi. Namun, setelah beberapa hari bentuk kepala dan wajah akan kembali normal.

Itulah beberapa tanda bayi normal dan sehat saat dilahirkan. Setelah membaca artikel ini Anda tak perlu lagi was-was pada keadaan bayi Anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tanda Bayi Anda Terlahir Normal Dan Sehat

0 comments:

Post a Comment