tips merawat bayi, panduan perawatan serta tips kesehatan dan nutrisi bayi balita indonesia

Saturday 28 January 2017

Usia Berapa Bayi Boleh digendong Mengangkang?

Memiliki seorang bayi adalah kebahagiaan tersendiri bagi setiap pasangan. Setiap tumbuh kembang buah hati pasti menjadi perhatian Anda sebagai orang tua. Salah satu hal yang sering disepelekan oleh orang tua adalah cara menggendong buah hati mereka. Tanpa Anda sadari, kesalahan dalam menggendong buah hati bisa berdampak negatif pada mereka atau bahkan juga Anda.
Tulang bayi sangatlah rapuh dan mudah terbentuk sesuai dengan kebiasaan menggendongnya. Oleh karena itu Anda harus berhati-hati dalam menggendong bayi Anda dari sejak lahir hingga dia sudah bisa melakukan aktivitas sendiri. Menggendong bayi dengan benar akan menghindarkan bayi Anda dari kondisi Hyp Dysplasia.


Berikut ini adalah posisi menggendong bayi yang tepat dan aman agar terhindar dari dysplasia pinggul:


Posisi M

Posisi ini biasanya untuk bayi berusia 0-4 bulan dengan posisi kaki bayi dalam keadaan setengah jongkok dengan lutut sedikit naik ke atas. Kemudian posisi leher tegak dengan ditopang gendongan bayi. Pada usia ini, bayi belum mampu untuk tegak dengan sendirinya. Oleh karena itu Anda sebagai orang tua harus memastikan bahwa penyangganya aman untuk digunakan.

Posisi Gendongan Duduk

Tahukah Anda bahwa posisi ini pasling populer di kalangan orang tua? Alasannya karena posisi gendongan duduk bisa membuat bayi dan orang tua rileks. Posisi ini dilakukan dengan mendudukkan bayi di depan tubuh.  Bagi bayi berusia 0-4 bulan, Anda harus memerhatikan posisi kaki dan lehernya. Kaki yang ditekuk secara keliru bisa menimbulkan pergeseran tulang pinggul dan pasti membuat bayi Anda tidak nyaman.

Posisi Menghadap Ke Depan

Untuk bayi yang sudah mampu mengangkat kepalanya sendiri dengan posisi leher tegak, maka itu berarti dia telah siap untuk digendong dengan posisi menghadap ke depan. Bayi pada usia ini sudah bisa melihat dengan jelas dan sangat antusias melihat benda-benda di sekitarnya. Rasa penasarannya akan terpuaskan dengan posisi menggendong seperti ini.

Posisi Pinggang Kiri

Anda pernah melihat seorang ibu menggendong bayi dengan gendongan kain? Posisi pinggang kiri ini mirip dengan yang biasa Anda lihat pada gendongan bayi. Untuk menggendong dengan posisi ini, kepala bayi harus sudah tegak sempurna. Posisi pinggang kiri juga membuat bayi Anda merasa nyaman karena dapat melihat ke segala arah. Cukup banyak bayi yang bisa tertidur pulas dengan posisi ini karena perasaan nyaman yang diperolehnya.

Gendong Belakang

Selain posisi pinggang kiri, posisi gendong belakang juga sangat nyaman bagi orang tua dan bayi. Orang tua akan merasa lebih ringan saat menggendong bayi dalam posisi ini. Namun Anda harus ingat bahwa bayi yang boleh digendong dengan posisi ini adalah bayi yang sudah memiliki tulang punggung dan otot kaki yang cukup kuat. Jika buah hati Anda sudah siap digendong dengan posisi ini maka kekhawatiran Anda akan dyplasia pinggul bisa sepenuhnya hilang.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Usia Berapa Bayi Boleh digendong Mengangkang?

0 comments:

Post a Comment