tips merawat bayi, panduan perawatan serta tips kesehatan dan nutrisi bayi balita indonesia

Tuesday 31 January 2017

Jangan Begini, Harus Begitu! Mari Kenali Mitos Tentang Perawatan Bayi dan Balita

Dilarang ini, tak boleh itu! Kenali Mitos Tentang Perawatan anak anda
Selama ini banyak sekali mitos yang beredar tentang perawatan bayi dan balita. Beberapa mitos ini biasanya diikutsertakan dalam tips-tips yang diberikan oleh kerabat, teman atau keluarga Anda. Sayangnya banyak dari kita tidak mengetahui kebenaran tentang mitos-mitos yang beredar tersebut. Anda sebagai orang tua tentu harus bisa memilah dan mengambil keputusan yang tepat tentang hal ini.

Nah berikut ini adalah beberapa mitos tentang perawatan bayi dan balita yang sering kita dengar:


Keharusan Pemakaian Kaos Tangan dan Kaos Kaki Pada  Bayi

Hal ini seharusnya dilakukan saat cuaca dingin atau menghindarkan bayi dari kontak dengan benda-benda yang mungkin bisa melukainya. Jika tidak dalam kondisi di atas, akan lebih baik jika kali dan tangan bayi tidak ditutup. Kaos tangan dan kaos kaki yang dipakai secara terus menerus dapat menghambat perkembangan indera peraba bayi.

Larangan Memotong Kuku Bayi, Mandi Sore Hari dan Membawa Bayi Ke Luar Rumah  Sebelum Usia 40 hari

Memotong kuku bayi tetap diperbolehkan karena jika tidak dipotong secara teratur, kuku akan panjang dan bisa membahayakan bayi. Sedangkan untuk mandi sore hari sebenarnya tetap bisa dilakukan, hanya saja Anda harus mengatur suhu air untuk mandi dan waktu mandi agar tidak terlalu malam. Usahakan bayi mandi 2 kali sehari. Tidak ada larangan khusus bagi bayi yang akan dibawa keluar rumah. Hanya saja sebagai orang tua, Anda harus waspada dengan tempat yang dikunjungi. Jangan bawa bayi yang baru lahir ke tempat ramai yang rentan menjadi pusat kuman atau bakteri.

Hidung Bayi Ditarik Agar Mancung

Anda harus tahu bahwa mancung tidaknya hidung bayi disebabkan oleh bentuk tulang hidung itu sendiri. Jadi jika memang hidung bayi Anda pesek, menariknya ke atas bukanlah jalan yang benar.

Memberikan Makan Berupa Pisang dan Campuran Nasi

Hal ini kurang tepat karena di usianya yang masih dini, bayi belum memiliki enzim yang bisa mencerna karbohidrat atau serat. Hal ini bisa menyebabkan sembelit pada bayi. Bayi baru bisa makan makanan padat di atas usia 6 bulan.

Memakai Gurita Agar Perut Bayi Tidak Kembung

Gurita tidak ada hubungannya dengan perut kembung. Pemakaian gurita pada bayi yang baru lahir juga tidak tepat karena saat itu organ-organ bayi masih dalam tahap berkembang dan dinding perut bayi masih lemah. Pemakaian gurita juga bisa membuat bayi susah bernafas.

Pusar Ditindih Dengan Koin Agar Tidak Bodong

Hal ini bisa menyebabkan infeksi karena koin yang tidak steril bisa saja mengkontaminasi pusar atau tali pusat. Fatalnya keadaan ini bisa membuat bayi terkena sepsis yang berakibat kematian.

Bayi Dibedong Agar Kaki Tidak Pengkor

Hal ini salah karena membedong bayi bisa membuat peredaran darah terganggu dan bisa memicu penyakit pernapasan. Pembedongan bayi juga bisa menghambat motorik bayi Anda.

Takut Mencuci Rambut Bayi

Hal ini tidak benar, dan sebaiknya Anda tetap mencuci rambut bayi agar mereka tetap bersih. Sebagai alternatif, mandikan dan keramasi bayi Anda dengan air hangat dan gunakan ruangan yang bersuhu hangat juga.

ASI Pertama Harus Dibuang Terlebih Dahulu

Anda harus tahu bahwa ASI itu tidak bisa basi asal masih ada dalam payudara ibu. Tetesan pertama ASI yang berwarna kekuningan, kental dan terlihat kurang segar ini adalah kolostrum yang mengandung antibodi yang sangat tinggi dan sangat baik untuk bayi Anda.

Ibu yang Baru Melahirkan Wajib Makan Ayam Arak dan Minum Jamu

Kegiatan ini sangat berbahaya bagi bayi Anda karena akan mempengaruhi kandungan nutrient dalam ASI dan bisa menyebabkan bayi menjadi kuning.

Larangan Bayi Mandi Sebelum Tali Pusat Putus

Bayi harus dimandikan 6 jam setelah lahir. Bayi juga harus dimandikan 2 kali sehari untuk membantunya tetap bersih. Setelah mandi, keringkan tali pusatnya dan beri antiseptic.

Berikan Pupur Di Kepala Bayi Agar Tidak Mudah Pilek

Pupur tidak berhubungan dengan pilek, bahkan pupur bisa berbahaya bagi bayi. Hal ini karena pupur adalah media yang baik bagi kuman untuk berkembang.

Berikan Penghitam di Alis Agar Penglihatan Bayi Semakin Jernih

Hal ini tidak ada hubungan sama sekali dengan jernihnya penglihatan bayi Anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Jangan Begini, Harus Begitu! Mari Kenali Mitos Tentang Perawatan Bayi dan Balita

0 comments:

Post a Comment