tips merawat bayi, panduan perawatan serta tips kesehatan dan nutrisi bayi balita indonesia

Sunday 29 January 2017

Ini Cara Mengenali Bakat Terpendam Anak

Tahukah Anda bahwa minat dan bakat adalah dua hal yang berbeda? Bakat adalah sesuatu yang sejak lahir terbawa oleh buah hati Anda. Sedangkan minat adalah sesuatu yang mereka suka dan membuat tertarik serta menantang untuk dipelajari lebih dalam. Banyak orang tua yang ingin mengetahui bakat anaknya sejak dini sebagai salah satu antisipasi dalam merancang masa depan.

Nah berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengenali bakat terpendam buah hati Anda:


cara mengetahui minat dan bakat anak balita anda


Observasi

Penting bagi Anda sebagai orang tua untuk responsif terhadap segala hal yang dilakukan oleh si kecil. Anda tidak harus mengekang mereka, namun sebaliknya bebaskan buah hati Anda berekspresi. Tentunya semua dengan pengawasan dari Anda. untuk mengetahui bakat si kecil, satu cara yang natural dilakukan oleh orang tua yaitu observasi atau pengamatan. Amati perkembangan buah hati Anda, pantau ekspresinya dan jangan lupa untuk menjalin komunikasi dengan mereka. Semuanya akan berjalan dengan mudah saat Anda dan buah hati dapat berkomunikasi dengan baik.

Selain itu sebagai orang tua, Anda harus memfasilitasi buah hati Anda untuk menemukan bakat terpendam tersebut. Setidaknya tindakan ini bisa membuat anak Anda memiliki berbagai pengalaman dan pengetahuan tentang banyak hal.

Permainan Kegemaran Si Kecil

Cara kedua yang bisa Anda pilih untuk mengenali bakat terpendam buah hati Anda adalah melalui permainan yang ia gemari. Misalkan buah hati Anda gemar bermain dengan pensil warna, suka menggambar, suka bergumam mengikuti irama lagu atau suka menari random maka ada kemungkinan buah hati Anda tertarik dalam dunia seni.

Biasanya ada anak yang tertarik dengan dua bidang. Anda sebagai orang tua tidak perlu khawatir atau berlebihan dalam berpikir karena sebagai orang tua, Anda harus bijak dan bisa mengarahkan si kecil. Saat kecil mungkin mereka suka melakukan dan tertarik pada banyak hal. Namun menjelang dewasa, seringkali mereka condong terhadap bakat yang dominan dalam diri mereka.

Mengikuti Tes

Saat ini sudah banyak perusahan jasa yang menyediakan jasa untuk mengenali bakat terpendam anak. Biasanya perusahaan-perusahaan seperti ini melakukan sosialisasi dan menawarkan jasanya melalui sekolah-sekolah dasar. Seringkali para orang tua sangat gembira dan antusias dalam menyambut dan juga mengetahui hasil tes ini.

Dua metode yang paling populer dalam tes pengenalan bakat ini adalah melalui tulisan tangan dan sidik jari. Namun sayangnya hingga saat ini kedua metode ini belum bisa dibuktikan secara ilmiah, sehingga masih belum dapat dipercaya sepenuhnya. Jika memang Anda sudah menyertakan buah hati Anda melalui tes ini, Anda tidak perlu berkecil hati atau kecewa. Memang hasil dari tes ini tidak memiliki dasar ilmiah namun juga tidak dapat dipungkiri sepenuhnya. Sebagai langkah bijak ada baiknya bagi Anda untuk tidak memberikan penilaian mutlak dari tes ini.

Setiap anak memiliki hak untuk tumbuh dan berkembang di lingkungannya, entah di sekolah, keluarga ataupun teman-temannya. Sebagai orang tua, Anda sebaiknya mengawasi dan mengontrol mereka saat berada di luar rumah. Anda harus tahu bahwa lingkungan sekitar mereka memiliki pengaruh dan peranan yang besar untuk masa depan mereka.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Ini Cara Mengenali Bakat Terpendam Anak

0 comments:

Post a Comment