tips merawat bayi, panduan perawatan serta tips kesehatan dan nutrisi bayi balita indonesia

Sunday 14 June 2015

Pendidikan anak sejak dini

pendidikan anak usia dini paud
Anak merupakan anugerah yang sangat berharga dari Tuhan. Oleh karenanya kita para orang tua sebaiknya berikan yang terbaik untuk buah hati kita agar kelak buah hati kita tumbuh menjadi anak yang cerdas, sehat, dan yang pasti menjadi pribadi yang bermanfaat. Salah satu bentuk perhatian orang tua pada buah hatinya yaitu dengan memberikan pendidikan yang sudah mulai diberikan sejak dini. Selain bermain, aktivitas lainnya yang dapat menstimulasi kreativitas, kecerdasan, potensi,  dan kemampuan interaksi sosialnya yaitu dengan pendidikan. Terdapat beberapa jenis pendidikan  untuk anak, antara lain:

Les musik

Musik sangat baik untuk anak-anak. Dengan mengikutsertakan si kecil sebagai anggota les musik, sama saja Anda sedang mengasah dan menumbuhkan keterampilan buah hati Anda dalam mengenal dan memainkan alat musik. Terdapat cukup banyak jenis alat musik yang biasanya ditawarkan di lembaga-lembaga pusat les musik, diantaranya yaitu violin, piano, drum, gitar, flute, dan masih banyak lainnya. Selain dapat meningkatkan kemampuan si anak dalam memainkan alat musik, les musik juga dapat membuat si kecil senang.

Les menari

Anda memiliki anak perempuan yang sangat lincah? Atau si kecil cantik Anda sangat suka menari? Jika iya, tak ada salahnya bagi Anda untuk memasukan putri kecil Anda ke sanggar tari atau les menari lainnya. Ada cukup banyak jenis tarian yang akan dipelajari selama mengikuti les. Sebut saja tarian tradisional, tari balet, tari kreasi modern, dll. Menari adalah aktivitas yang sangat baik untuk anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Selain melatih kedisplinan dan bakat, menari juga dapat menjadikan kondisi tubuh anak selalu fit dan mengoptimalkan kinerja saraf motoriknya.

Les bahasa asing

Tidak ada salahnya Anda para orang tua memperkenalkan bahasa asing pada anak Anda sejak dini. Tujuannya yaitu untuk melatih kemampuan bahasa asing si kecil. Bahasa Inggris, misalnya, perlu diperkenalkan sejak dini. Kelebihan anak yang dapat berkomunikasi dengan menggunakan bahasa asing dengan lancar tentu nantinya akan sangat berguna saat beranjak besar nanti. Namun bukan berarti Anda tidak mengajarkan bahasa asli pada anak Anda. Tetap prioritaskan bahasa asli dan jadikan bahasa asing sebagai kelebihan si buah hati. Anda dapat mengikutsertakan buah hati ke les bahasa yang berkualitas dan memiliki tingkatan yang sesuai dengan usia anak Anda. 
Ketiga contoh pendidikan di atas silahkan bisa Anda terapkan pada buah hati Anda. Namun ingat, sesuaikan jenis pendidikan dengan pilihan dan kesukaan buah hati Anda. Jangan memaksa anak untuk mengikuti jenis pendidikan yang menurut Anda terbaik untuknya. Terbaik menurut Anda akan tetapi mungkin tidak sesuai dengan bakat yang dimilikinya atau tidak diminati karena akan berdampak buruk bagi buah hati Anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pendidikan anak sejak dini

0 comments:

Post a Comment