tips merawat bayi, panduan perawatan serta tips kesehatan dan nutrisi bayi balita indonesia

Wednesday 3 June 2015

Bayi susah buang air besar


bayi sembelit atau susah BAB
Bayi anda selalu menangis setiap akan dan sedang buang air besar (BAB) sebaiknya sebagai orang tua untuk cepat tanggap, ini tidak hanya tentang cara mengejan namun juga bagaimana pola BAB bayi anda selama ini. Memang bayi tidak akan banyak BAB karena asupan makanan biasanya untuk anak kurang dari 6 bulan hanya ASI eksklusif, itulah mengapa BAB hanya terjadi 1 sampai 2 kali dalam sehari, bisa juga hanya 2 hari sekali. Ini adalah hal normal untuk percernaan yang kecil dan tidak mendapatkan makanan yang membutuhkan banyak penghancuran, anda bahkan tidak perlu khawatir jika bayi tidak BAB selama seharian, ini karena ASI memang diserap sempurna oleh tubuh dan menyisakan sedikit feses.



Apakah bayi bisa mengalami sembelit?


Penyakit sulit mengeluarkan kotoran bukan hanya dialami oleh orang dewasa saja, anak-anak bahkan bayi juga bisa mengalami hal yang sama. Di mana bayi akan di anggap mengalami sembelit, jika tidak BAB selama 2 minggu atau lebih, ini bisa jadi karena kesalahan pola makan pada bayi maupun ibunya. Untuk bayi yang bergantung pada ibunya karena masih ASI eksklusif tentu mendapatkan segala asupan dari sana. Sehingga usahakan untuk ibu yang sedang menyusui untuk makan yang bergizi dan seimbang. Namun tak jarang sembelit pada bayi akan membuat fesesnya lembab dan cair, ini tentu mengkhawatirkan, tapi banyak dokter yang tidak mempermasalahkan hal tersebut karena bayi memang belum bisa duduk sehingga mereka BAB dalam keadaan berbaring. Maka tak heran jika fesesnya lembek, encer dan tidak keras.



Hal yang harus anda perhatikan sebelum menjadi gawat adalah kondisi saat terdapat darah pada feses, mengalami demam tinggi, feses kaku atau terlalu lembek, berat badan stabil dan sulit mengalami kenaikan serta bayi yang belum BAB selama 24 jam setelah kelahirannya. Ini akan berubah menjadi sebuah masalah yang serius jika tidak mendapatkan penangganan yang serius, maka ada baiknya untuk selalu memonitor bagaimana kondisi bayi, hingga sistem ekskresinya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Bayi susah buang air besar

0 comments:

Post a Comment