tips merawat bayi, panduan perawatan serta tips kesehatan dan nutrisi bayi balita indonesia

Sunday 7 June 2015

Agar anak suka buah dan sayur

agar anak suka makan buah dan sayur
Banyak orang tua yang dihadapkan kesulitan di mana si kecil tidak menyukai buah dan sayuran. Sebenarnya cukup mudah Anda para Ibu untuk mengubah persepsi anak bahwa buah dan sayuran adalah makanan yang kurang menarik dan tidak enak dengan cara memberi contoh pada anak. Ketika sedang makan bersama, santaplah buah atau sayur di depan si kecil sambil berkata, “Enak sekali sayuran ini”. Lakukan trik ini dengan konsisten. Pada akhirnya si kecil akan penasaran dengan rasa sayuran atau buah yang biasa Anda santap.
Emilia Achamdi, seorang ahli gizi, mengatakan bahwa pada dasarnya anak kecil adalah peniru yang ulung. Anak-anak kecil seringnya akan meniru apa yang mereka lihat dan dengarkan. Jadi, jika Anda ingin si kecil menyukai buah dan sayur, Anda juga harus menyukai buah dan sayuran. Selain trik simpel di atas, ada sejumlah trik lainnya yang dapat Anda praktikan pada buah hati Anda.

Jangan menghukum dengan makanan

Janganlah pernah menghukum anak dengan makanan. Contoh: Ketika anak tidak menghabiskan sayur yang ada di piringnya, sang Ibu akan menghukumnya dengan tidak akan membelikan si buah hati es krim kesukaannya. Hukuman seperti ini hanya akan membuat anak semakin sebal dengan sayuran. Makanan sebaiknya juga tidak digunakan sebagai reward.

Biarkan buah hati yang memilih buah dan sayur sendiri

Dengan membiarkan anak memilih buah dan sayur sendiri, Anda akan mengetahui jenis buah dan sayur yang disukainya. Berikan pengertian yang sederhana namun jelas pada buah hati bahwa sayur dan buah sangat penting untuk menunjang aktivitas kesukaannya. Contoh: buah hati Anda sangat menyukai olahraga sepak bola dan kerap bermain sepak bola dengan teman-temannya. Ketika sedang makan bersama, berilah pengatahuan bahwa dengan memakan banyak sayur dan buah, stamina tubuh akan menjadi lebih kuat sehingga tubuh akan selalu fit selama bermain bola.

Hidangkan buah dan sayur dengan tampilan yang menarik

Tujuannya agar buah hati Anda tertarik dengan hasil kreasi buah dan sayur yang Anda buat. Misalnya saja dengan menghias makanan dengan menggunakan buah dan sayur yang dibentuk seperti karakter kartun yang lucu.

Kenalkan anak dengan buah dan sayur sejak dini

Kenalkan anak dengan buah dan sayur sejak masih balita agar anak Anda terbiasa dengan aneka rasa buah dan sayur. Bila perlu, setiap tiga hari sekali, perkenalkan anak dengan rasa buah atau sayur yang baru. Contoh: selama 3 hari, si kecil Anda hidangkan pisang lalu 3 hari kemudian Anda perkenalkan buah semangka untuk si kecil.

Selipkan buah atau sayur ke dalam makanan kesukaan

Anda pastinya tahu apa saja makanan kesukaan si kecil. Jika si kecil memang tidak menyukai buah atau sayuran, Anda dapat menyalipkan sedikit buah atau sayur ke dalam makanan kesukaan si kecil. Meatloaf, misalnya, bisa dicampur dengan wortel atau bawang bombay yang sudah dihaluskan dan diolah bersamaan dengan meatloaf tersebut.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Agar anak suka buah dan sayur

0 comments:

Post a Comment