tips merawat bayi, panduan perawatan serta tips kesehatan dan nutrisi bayi balita indonesia

Friday 22 May 2015

Kebiasaan Buruk Anak-anak yang Harus Diperbaiki

kebiasaan buruk anak yang harus diperbaiki
Anak adalah sebuah anugerah terindah untuk kedua orang tuanya, di mana kelahirannya akan membuat rumah tangga menjadi semakin semarak dan membahagiakan. Selain itu, anak akan menjadi penerus keluarga yang nantinya akan menjaga nama baik, anda sebagai orang tua selalu memberikan yang terbaik sehingga menginginkan hal-hal baik saja pada anak. Namun membesarkan anak tidak seperti menjaga barang atau benda, di mana anak-anak mempunyai tingkat emosional yang sulit di tebak sehingga sering kali melakukan kebiasaan buruk. Sebagai orang tua tentu akan memberikan kemakluman, namun apa jadinya jika terjadi secara terus menerus.

Sebaiknya anda mengambil beberapa langkah tepat untuk menangani anak-anak, ingatlah melakukan tindakan kasar dan kekerasan tidak akan menyelesaikan masalah namun akan membuat masalah baru, yaitu anak akan meniru tindakan anda untuk menyelesaikan sebuah masalah. 

Kebiasaan buruk anak yang mungkin saja terjadi pada putra putri anda seperti:

Suka memotong pembicaraan

Memotong seseorang yang sedang berbicara memang sangat tidak sopan, namun hal ini sering kali dilakukan oleh banyak orang, mungkin diri anda sendiri juga pernah melakukannya. Anak-anak juga mempunyai kebiasaan buruk untuk menyela saat anda sedang berbicara padanya maupun orang lain, anda tentu akan sangat kesal  akan kelakuan si kecil, padahal ini dilakukannya karena bosan dan melihat anda sibuk sendiri. Tak jarang, anak-anak yang menarik baju orang tuanya atau menggangu saat sedang telepon.

Tenang saja, tidak perlu harus berbuat kasar pada anak dan menghardiknya dengan keras. Solusinya cukup mudah untuk anda terapkan yaitu dengan membuat anak sibuk. Sebelum anda berbicara dengan orang lain, lebih baik meminta anak dengan sopan untuk jangan ribut atau memberikan sebuah permainan. Hal ini ternyata ditanggap sebagai sebuah ijin dari orang tua pada anak, sehingga anak tidak merasa di abaikan. Dimana hal ini banyak akan ditiru sang anak untuk buah hatinya kelak, tidak sulit bukan  untuk menjinakkan kebiasaan buruk anak.

Berbuat sesuka hati

Dalam hidup tentu manusia mempunyai peraturan yang membuat seseorang tidak bisa hidup sesuka hati, ini dimaksudkan untuk tidak menggangu orang lain dan berprilaku sopan. Hal ini ditangkap berbeda oleh anak, apalagi untuk remaja yang sedang dalam masa transisi. Di jaman modern saat ini, televisi, internet dan pergaulan menentukan pribadi seorang anak. Jika anda orang tua yang selalu sibuk di kantor dan tidak punya waktu untuk anak, jangan kaget dengan perubahan sikap anak. Di rumah bisa saja dirinya menjadi anak manis karena takut dengan orang tuanya, namun di sekolah dan lingkungan mereka bisa berbuat semaunya sendiri. Bahkan cenderung ada yang agresif dan menyalahgunakan kekuasaan orang tua, ini sebenarnya adalah pelampiasan kemarahan karena tidak mendapatkan kasih sayang yang dirasa cukup dari orang tua.

Tidak perlu mengirim putra putri anak ke psikiater atau ahli kejiwaan, di mana anda sebagai orang tua akan menjadi obat untuknya. Pastikan anak-anak tetap menjadi prioritas utama anda karena segala yang anda lakukan pasti untuk anak, jadikan mereka tetap mendapatkan perhatian. Caranya tetap jaga komunikasi, sekarang kan semua sudah canggih. Tanyakan saat jam makan siang apakah sudah menjalankan kewajiban shalat bagi yang muslim dan apakah sudah makan, saat di rumah usahakan untuk tidak membawa urusan kantor.

Beberapa hal ini biasanya yang menjadi dasar bahwa seorang anak akan mempunyai kebiasaan buruk, tentu hal pertama yang akan dipersalahkan jika anak tumbuh tidak sebagaimana mestinya adalah orang tua, karena merekalah yang menjadi guru pertama untuk anak-anak. Jadikan putra putri anda sebagai anak sebagai mana mestinya, jangan membuat mereka menjadi raja yang haus akan kekuasaan. Berikan limpahan kasih sayang dan tidak hanya melimpahkan dengan materi semata.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Kebiasaan Buruk Anak-anak yang Harus Diperbaiki

0 comments:

Post a Comment