tips merawat bayi, panduan perawatan serta tips kesehatan dan nutrisi bayi balita indonesia

Sunday 26 April 2015

Tips Ajari Anak Menerima Kekalahan

agar anak mau menerima kekalahan
Tips ajari anak menerima kekalahan memang penting dan harus diajarkan oleh orang tua, terkadang di sekolah ataupun dimana saja anak kita sering menemukan masalah dan jika masalah tersebut membuatnya kecewa maka sebagai orang tua harus mengajarkan bagaimana cara menerima kekalahan dengan lapang hati, contohnya saja anak anda selalu mendapatkan peringkat pertama disetiap tahunnya namun pada tahun ini dia gagal untuk menjadi juara karena yang menjadi juara adalah teman sebangkunya sendiri, terkadang hal ini sering membuat kesal sang anak karena tidak bisa menerima kekalahannya bukan ? nah, jika hal ini sampai terjadi maka anda sebagai orang tua harus membimbing mereka untuk menunjukkan jiwa besar dan menerima kenyataan bahwa ada orang lain yang mendapatkan peringkat atau juara tersebut.

Untuk mengajari anak dalam menerima kekalahannya tentunya bukanlah hal mudah karena mengingat karakter anak yang berbeda-beda, survey membuktikan bahwa anak perempuan cenderung lebih mudah diberi penjelasan daripada anak laki-laki, anak laki-laki biasanya sulit untuk menerima kenyataan bahwa ia kalah dalam suatu hal oleh karena itulah di sini saya akan mengupas tuntas tentang tips ajari anak menerima kekalahan dengan benar.

Bagaimana Cara Mengajari Anak Untuk Menerima Kekalahannya ?

1.      Selalu memberi semangat

Salah satu tips ajari anak menerima kekalahan adalah dengan memberikan semangat, saat anak tidak terima atau kecewa bahwa dia kalah atau tidak bisa menjadi juara maka orang tua harus bisa menyemangatinya dengan memberikan senyuman dan motivasi dan mengatakan bahwa jangan mudah putus asa, mungkin saja tahun depan bisa juara lagi tapi jangan lupa belajar yang rajin. Dengan memberikan semangat yang seperti ini maka perlahan-lahan anak akan bangkit serta mau menerima kekalahannya dan akan belajar lebih giat lagi agar bisa mendapatkan peringkat, oleh karena itu sebagai orang tua anda harus pandai-pandai mengambil hati sang anak agar luluh dan bisa menerima keadaaan.

2.      Berikan pujian

Tips ajari anak menerima kekalahan yang terakhir adalah dengan memberikan pujian, walaupun sang anak merasa gagal atau kalah maka orang tua harus tetap memberikan pujian dan mengatakan bahwa dia sudah melakukan yang terbaik, sehingga apapun hasilnya harus menerima dengan lapang dada. Dengan memberikan pujian maka sang anak tidak merasa terlalu kecewa dan menyalahkan dirinya sendiri karena tak sedikit anak yang stress akibat merasa dirinya gagal dalam suatu hal contohnya saja seperti tidak bisa mendapatkan juara kelas lagi.

Bagaimana, cukup mudah bukan tips ajari anak menerima kekalahan nya ? oleh karena itulah jika anak anda ada masalah dan tidak bisa mempertahankan pendapatnya maka anda sebagai orang tua harus bisa mengajarinya untuk menerima kekalahan dengan lapang dada.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Ajari Anak Menerima Kekalahan

0 comments:

Post a Comment