tips merawat bayi, panduan perawatan serta tips kesehatan dan nutrisi bayi balita indonesia

Tuesday 14 April 2015

Bercerita Dongeng Sebelum Tidur Dapat Tingkatkan IQ Anak

dongeng sebelum tidur tingkatkan IQ anak
Menceritakan dongeng pada buah hati anda saat akan tidur adalah suatu hal yang menyenangkan untuk buah hati. Selain mendapatkan wawasan baru bagi anak juga dapat pengetahuan baru bagi anak. Mendongeng dan menceritakan sesuatu hal pada buah hati bisa mendekatkan hubungan antara anak dan orang tua. Salah satu dampak positif dari mendongeng adalah bisa mempengaruhi kecerdasan otak anak.

Bagi anda yang memiliki balita juga dianjurkan membacakan dongeng karena dapat membantu anak dalam merangkai kosa kata dan komunikasi pada orang lain saat masuk sekolah. Untuk balita bisa anda lakukan dengan cara mengajaknya interaksi dan berbicara.

Tips Membacakan Dongeng Pada Anak Agar Senang

Mendongeng kepada anak merupakan kegiatan yang dapat membuat anak jadi cerdas. Dikarenakan akan bertambah pengetahuan dasar. Mendongengkan cerita pada anak dilakukan orang tua sebagai bentuk kasih sayang pada buah hati. Namun, sebagian besar orang tua mempunyai kendala yaitu susah menceritakan dongeng sehingga isinya tidak tersampaikan pada anak.

Berikut adalah cara untuk mendongeng yang baik dan benar:

Gunakan buku sesuai perkembangan anak

Carilah cerita berhubungan kebiasaan anak yang buruk agar anak bisa tahu kalau yang dilakukan selama ini salah, seperti menjaga kebersihan.

Ekspresif dan menarik

Saat anda menceritakan dongeng jangan malu pada anak, anda harus ekspresif dan menarik agar anak mau mendengarkan cerita sampai akhir. Untuk membuat anak lebih memahami cerita sebaiknya gunakan nada suara yang berbeda pada setiap karakter tokoh.

Gunakan bahasa tubuh

Agar cerita yang anda bacakan semakin menarik anda dapat menngunakan bahasa tubuh. Saat bahasa tubuh anda lucu maka anak akan tertawa dan senang mendengarkan dongeng.

Ajak berdiskusi

Setelah selesai membacakan dongeng ajak anak anda untuk  berdiskusi agar anak berkembang cara berfikirnya. Biarkan anak menjawab pertanyaan yang anda lontarkan jika jawaban anak salah maka luruskan jawaban tersebut.

Membacakan cerita dongeng memang banyak manfaatnya untuk buah hati anda, seperti dapat membantu perkembangan otak dan interaksi anak dengan orang lain. Selain itu juga meningkatkan IQ, dan mengarahkan anak mencintai buku. Hubungan baik akan tercipta di keluarga jika rajin menceritakan dongeng kepada anak.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Bercerita Dongeng Sebelum Tidur Dapat Tingkatkan IQ Anak

0 comments:

Post a Comment