tips merawat bayi, panduan perawatan serta tips kesehatan dan nutrisi bayi balita indonesia

Saturday 18 April 2015

Kapan Anak mulai Belajar Bahasa Asing

Di zaman yang serba modern seperti saat ini memang banyak sekali tantangan yang harus dihadapi. Terlebih nanti tantangan untuk anak anda yang akan semakin sulit. Maka dari itu sebagai orang tua harus mempersiapkan mental dan pendidikan anak untuk menghadapi tantangan zaman. Siapkan anak dengan dibekali keterampilan khusus dari kecil. Bekal ketrampilan anak yang perlu anda siapkan adalah teknologi dan bahasa.

Bahasa sangat penting sekali karena digunakan untuk berkomunikasi. Anda dapat membekali anak sejak dini dengan bahasa asing, seperti bahasa inggris, bahasa jepang, bahasa korea, bahasa jerman, dan lain sebagainya. Saat ini banyak sekali pendidikan bahasa asing khusus untuk balita. Umur anak yang bagus untuk mempelajari bahasa memang baik sejak balita karena daya tangkapnya bagus daripada berlatih saat nanti anak sudah dewasa.

Umur yang tepat untuk anak belajar bahasa asing

Anak usia dini memang bagus belajar sesuatu, termasuk belajar bahasa asing. Namun ada usia emas dimana anak sangat tepat sekali dalam mempelajari bahasa asing untuk bekal masa depannya nanti menghadapi tantangan zaman yang semakin sulit. Maka anak anda harus dapat menyesuaikan perkembangan zaman.

Berikut adalah usia yang tepat untuk anak belajar bahasa asing:

Usia di bawah dua tahun

Saat anak belum memasuki usia dua tahun otak anak berkembang dengan baik. Sebaiknya digunakan untuk belajar bahasa asing tapi cukup satu bahasa dahulu agar kemampuan bicara dan bahasa anak tidak terganggu. Kemampuan bicara dan bahasa anak adalah hal penting yang membentuk struktur otak yang dapat mempengaruhi kecerdasan atau kemampuan kognitif pada anak. 

Usia anak 6-12 tahun

Usia 6 - 12 tahun adalah masa emas dan ideal belajar bahasa asing karena otak anak masih lentur dan elastis. Sehingga penyerapan bahasa asing akan lebih mudah. Daya penyerapan bahasa asing pada anak berfungsi otomatis. Cukup pemajanan diri pada bahasa tertentu, seperti jika anak tinggal dilingkungan yang dalam kesehariannya menggunakan bahasa asing anak akan dengan mudah menguasai bahasa asing itu.

Jika anak anda susah belajar bahasa asing sejak dini mungkin ada gangguan pada kemampuan bicara dan bahasa anak. Biasanya gangguan bicara diakibatkan karena beberapa hal diantaranya adalah kerusakan pada otak, kerusakan pada indra anak, kurangnya menstimulasi bahasa anak. Anda juga jangan memaksakan anak berlatih bahasa asing karena dapat menyebabkan salah stimulasi. Ajak anak anda belajar bahasa asing yang mudah dimengerti, seperti benda-benda yang ada di sekitar anda. Apabila anak sudah lewat usia dua tahun orang tua baru bisa menambah bahasa asing lainnya.

Dengan begitu kemampuan anak dalam berbahasa dan berbicara tidak akan terganggu. Anak dengan mudah menyerap bahasa yang anda berikan. Sebaiknya anak ikutkan pendidikan khusus bahasa agar kemampuan anak semakin berkembang dengan baik.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kapan Anak mulai Belajar Bahasa Asing

0 comments:

Post a Comment