tips merawat bayi, panduan perawatan serta tips kesehatan dan nutrisi bayi balita indonesia

Tuesday 1 April 2014

Manfaat Pemberian ASI Eksklusif Bagi Bayi

Jika dahulu para ahli mengira bahwa pemberian ASI bagi bayi cukup hingga usia 4 bulan saja, sekarang pendapat tersebut diubah dengan anjuran untuk menyusui bayi hingga berusia 6 bulan. World Health Organization atau badan kesehatan internasional mengkampanyekan untuk menyusui bayi hingga berusia 6 bulan karena ASI adalah makanan terbaik yang didapatkan bayi langsung dari ibu kandungnya. Pemberian ASI hingga usia 6 bulan inilah yang disebut dengan ASI eksklusif, yaitu pemberian air susu ibu sejak berusia 0 hingga 6 bulan bagi bayi tanpa bahan makanan tambahan apapun, termasuk air putih.

Air susu ibu mengandung aneka bahan bergizi yang bermanfaat bagi kesehatan dan perkembangan kecerdasan bayi. Bahan-bahan tersebut antara lain kolostrum yang mengandung vitamin A dan karbohidrat yang bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi. Selain itu kolostrum juga berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh bayi terutama dari penyakit gangguan pencernakan dan membantu bayi untuk mengeluarkan mekonium atau kotoran pertama yang berwarna hitam kehijauan. Protein yang terkandung pada ASI berbeda dengan protein pada susu sapi karena protein pada air susu ibu lebih mudah dicerna dan diserap oleh tubuh.

Persyaratan ASI eksklusif

Berdasarkan rekomendasi WHO, yang dikatakan ASI eksklusif adalah yang memenuhi persyaratan berikut ini, yaitu,
·           Ibu menyusui bayinya dalam 30 menit atau 1 jam setelah kelahiran bayi.
·           Selama 6 bulan, kebutuan nutrisi bayi hanya dipenuhi oleh ASI tanpa tambahan makanan lain termasuk susu formula dan air putih.
·           Ibu menyusui bayinya semaksimal mungkin saat bayi ingin menyusui kapanpun dan di mana pun.
·           Bayi sama sekali tidak menggunakan botol susu ataupun empeng. Menyusu hanya diperbolehkan langsung dari payudara ibunya.
·           Pemberian "asi eksklusif" yang paling penting adalah saat ASI pertama kali keluar pasca kelahiran bayi, karena mengandung kolostrum tinggi. Ciri-cirinya adalah air susu ibu berwarna kekuningan.
·           Pada saat-saat darurat, ibu bisa memerah susu dengan tangan ataupun alat pemompa.
·           Saat menyusui ibu harus berada dalam kondisi tenang dan bebas dari stres.
 

Manfaat ASI eksklusif bagi bayi

Pemberian ASI eksklusif bagi bayi mempunyai manfaat yang sangat luar biasa terutama bagi kesehatan dan perkembangan kecerdasannya. Oleh karena itu pemerintah giat mengakampanyekan hal ini demi membentuk generasi muda yang berkualitas,  cerdas, dan sehat.
·           Sebagaimana yang telah disebutkan di atas, pemberian ASI eksklusif dapat membentuk kekebalan tubuh bayi dari penyakit dan infeksi gastrointestinal. Pemberian ASI juga sangat dianjurkan bagi bayi yang lahir dengan operasi caesar karena mencegah terjadinya infeksi dan mengurangi rasa sakit.
·           Berdasarkan penelitian dan uji klinis, bayi yang mendapat air susu ibu selama 6 bulan mengalami pertumbuhan yang lebih baik daripada yang tidak, termasuk  memiliki tingkat IQ dan EQ  yang lebih tinggi.
·           Dengan pemberian ASI eksklusif, bayi akan terhindar dari resiko kekurangan zat  besi.

Selain bermanfaat bagi bayi, kegiatan menyusui juga memiliki manfaat besar bagi ibu. Ibu yang menyusui akan mengalami penundaan masa subur sehingga tidak perlu menggunakan kontrasepsi untuk mengatur jarak kelahiran buah hati. Selain itu, ibu juga akan lebih sehat dan meminimalkan resiko kekurangan zat besi karena siklus bulanannya tertunda. Selain itu, dengan memberikan ASI eksklusif pengeluaran rumah tangga akan lebih dapat dihemat karena Anda tidak perlu membelanjakan uang untuk membeli susu formula.

Tahukah Anda bahwa kegiatan menyusui itu sama dengan berolahraga karena tubuh akan membakar kalori lebih cepat sehingga pasca melahirkan tubuh ibu akan lebih cepat kembali langsing. Dengan menyusui kulit pada bagian perut yang mengembang juga akan kembali ramping dan kencang. Berdasarkan penelitian, lama masa menyusui juga berpengaruh kepada jumlah berat badan yang turun. Ibu yang menyusui selama 6 bulan penurunan berat badannya akan lebih banyak dibandingkan ibu yang menyusui hanya selama 4 bulan.

ASI eksklusif, makanan sempurna bagi bayi

"ASI eksklusif" adalah makanan yang sempurna bagi buah hati Anda untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan selama masa tumbuh kembang. Pemberian makanan tambahan baru dapat dilakukan setelah bayi berusia 6 bulan. Masa 6 bulan ini merupakan masa yang sangat penting bagi bayi sehingga ibu pun harus sebisa mungkin memenuhi kebutuhan gizinya dengan konsumsi makanan sehat agar ASI yang produksi tetap lancar dan sehat. Selainitu ibu juga harus menjaga kondisi psikisnya agar terhindar dari stres karena gangguan psikis akan berpengaruh juga pada produksi ASI.

Laktosa adalah zat yang bermanfaat untuk pembentukan myelin otak, yang berfungsi untuk mengantarkan rangsangan yang diterima oleh bayi. Kandungan laktosa pada susu ibu lebih banyak daripada susu sapi atau formula. Susu ibu pun terbukti lebih mudah dicerna daripada susu formula sehingga meminimalkan terjadinya gangguan pencernakan termasuk alergi.

Satu lagi manfaat luar biasa pemberian ASI eksklusif pada bayi Anda adalah pada saat awal bayi menyusu, zat kolostrum yang terdapat pada ASI mengandung 1 hingga 3 juta leukosit atau sel darah putih dalam setiap 1 ml ASI. Berdasarkan uraian di atas, tak ada alasan lagi untuk tidak memberikan ASI kepada bayi Anda secara eksklusif.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Manfaat Pemberian ASI Eksklusif Bagi Bayi

0 comments:

Post a Comment