tips merawat bayi, panduan perawatan serta tips kesehatan dan nutrisi bayi balita indonesia

Thursday 28 February 2013

Tips Meningkatkan Kemampuan Berbahasa si Bayi

Dalam hidup, kemampuan berbahasa merupakan salah satu element penting. Oleh karena itu, sangat penting bagi orang tua untuk membantu meningkatkan kemampuan berbahasa bayi agar terus tertanam di otaknya selama masa pertumbuhan hingga dewasa. Cara-cara yang digunakan tidak terlalu sulit, namun cukup untuk memberikan stimulus terhadap otak bayi hingga bisa lebih aktif dalam mengenali bahasa. Berikut beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk membantu merangsang kemampuan bayi dalam hal mengenali bahasa dan kata-kata.

Berbicara pada Bayi saat Melakukan Sesuatu

Ucapkan apa yang Anda lakukan kepada atau di depan bayi agar ia belajar mengasosiasikan kata dan kegiatan. Misalnya, saat hendak menyuapi si kecil, Anda bisa bilang ‘kita makan, yuk” Saat memandikan dan saat mau membasuh tubuhnya, Anda bisa bilang ' angkat tangannya ya…sekarang turunkan lagi tangannya. '

Menyebut Nama Benda yang Menarik Perhatiannya

Ini cara mudah meningkatkan kemampuan berbahasa bayi yang sering dilakukan orang tua. Saat si kecil tertarik pada sesuatu, sebutkan benda yang ditunjuk, misalnya ' Itu kucing,'  'yang ini namanya pohon,' dan lain sebagainya. Hal seperti itu tentunya akan mendorong bayi untuk mengasosiasikan nama dan obyek.

Membaca Bersama

Ajak si kecil untuk membaca sebuah buku bergambar berwaran-warni bersama. Tunjuklah benda-benda di dalam buku dan sambil menyebutkan namanya. Kita bisa berkata  ' Ini apa ya? Oh, ini gelas. Ini namanya mobil. Ini ikan. '

Bernyanyi Bersama

Anda tidak perlu menjadi penyanyi handal untuk melakukan ini, namun Anda bisa memilih lagu-lagu yang bisa dinyanyikan dengan gerak. Misalnya lagu ‘Dua Mata Saya’ atau ‘Topi Saya Bundar’ dimana Anda bisa menyanyi di depan bayi sambil melakukan gerakan yang menirukan kata-kata di dalam lirik lagu tersebut.

Ucapkan Pilihan

Misalnya, jika Anda mau memberi mainan bola ke bayi Anda, Anda bisa mengacungkan dua bola dengan warna kuning dan merah, lalu bertanya “ mau yang kuning atau yang warnanya merah? ” Saat si kecil mengambil bola yang berwarna merah, bisa diulangi lagi “oh, adek mau yang merah.” Selain memperkenalkan kata-kata, Anda membantunya belajar memilih.

Kemampuan berbahasa bayi juga bisa ditingkatkan dengan cara membetulkan pengucapan (jika bayi Anda sudah mulai bisa berceloteh) agar ia bisa mengingat kata-kata yang benar walau pada prakteknya tentu masih agak lama sampai ia bisa bicara dengan baik. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Meningkatkan Kemampuan Berbahasa si Bayi

0 comments:

Post a Comment